Demam dan Antibiotik

NT Info Penanya: NT, Wanita, 2019 Tahun
Anak saya usia 24 th..skg sedang panas tinggi dan sakit kepala..saya kasih amoxillin 500g dan sumagesic...tapi tdk kunjung sembuh...sampai 3 hari panas nya turun klo habis minum obat aja..tapi setelah itu kembali panas tggi...apa mungkin antibiotiknya ga cocok....mohon saran dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam NT,

Demam adalah salah satu mekanisme tubuh untuk melawan kuman yang masuk. Kuman itu bisa banyak macam misalnya virus, bakteri, cacing, dan lain sebagainya. Ibu tidak menyebutkan secara spesifik gejala tambahannya. Apabila sudah 3 hari alangkah baiknya untuk konsultasi ke dokter untuk mencaritahu penyebab demamnya itu. Antibiotik sendiri merupakan obat untuk membunuh bakteri. Apabila penyebab demam adalah virus atau cacing, antibiotik tidak akan berguna malah dapat menyebabkan resistensi yang artinya bakteri-bakteri yang seharusnya dapat dibunuh dengan antibiotik menjadi kebal.

Selama menunggu proses konsultasi, ibu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini :

  1. Minum air putih yang cukup
  2. Konsumsi makanan bergizi dan teratur
  3. Mandi/kompres air hangat 
  4. Konsumsi sayuran dan buah
  5. Tidur/istirahat yang cukup

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Jeng Yuliana

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri.

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab tubuh merinding sebagai cara tubuh menghangatkan diri, cara tubuh merespon emosi yang begitu kuat, dan gejala penyakit seperti keratosis pilaris hingga tumor otak.