15 Dec 2020, 17:08Penyakit Lainnya

Penyebab demam menjelang sore hari

MT
Info Penanya: MT0
Saya mau tanya lagi.... Demam saya masih berlanjut .. tapu deman di muali pada sore hari ,,, badan terasa hangat..persendian sakit..mata panas..perut tidak nyaman..terkadang malam meng gigil...kepala pusing... tapi kalu siang hari badan sehat berkeringat ,tidak demam... hanya rasa nyeri di persendian... Dari gejala saya sakit apa ya dok... Sudah minum sanmol tapi tetap sore/malam demam lagi... Sudah minum promag tapi perut tidak nyaman... Sebaiknya saya minum obat apa..
46664 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo M,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Suhu tubuh normal manusia adalah 36,5-37,5 derajat selcius. Tubuh dikatakan demam jika suhu melebihi 37,5 derajat celcius. Demam dapat terjadi tinggi mendadak, namun turun kembali, atau demam meningkat secara perlahan dan terus dirasakan, demam yang tidak tentu waktu, atau demam yang lebih terasa saat sore menjelang malam. Demam dapat disertai rasa menggigil karena mekanisme tubuh dalam mempertahankan panas.

Penyebab demam menjelang sore hari

Penyebab demam menjelang sore hari disertai nyeri pada persendian antara lain :
  • Aktifitas yang meningkat di pagi dan siang hari membuat demam lebih dirasakan saat sore menjelang malam karena tubuh tidak melakukan aktifitas atau sedang beristirahat.
  • Demam karena bakteri Salmonella thypi penyebab demam tipus yang memberikan gejala demam terutama meningkat di sore hari menjelang malam diikuti dengan adanya rasa tidak enak di perut, rasa mual, muntah, BAB cair ataupun konstipasi.
  • Demam akibat infeksi saluran kemih.
  • Demam akibat peradangan sendi.
  • Demam chikungunya.
  • Demam berdarah.
Rasa tidak nyaman di perut dapat dikarenakan Anda yang tidak mengkonsumi makanan secara teratur  sehingga asam lambung meningkat, menyebabkan rasa "enek", kembung, lidah terasa asam, dan pahit. dan bisa juga disebabkan infeksi pada usus Anda akibat demam tipus.Saat demam Anda harus banyak minum agar tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsi parasetamol sesuai dosis saat demam 3x1 setelah makan. Kompres bagian kepala, dada, punggung, dan ketiak menggunakan air hangat atau air biasa. Pijat ringan pada seluruh badan menggunakan minyak. Tetap usahakan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Konsumsi vitamin agar imun tubuh menjadi optimal.Jika keluhan demam terus berlanjut, maka sebaiknya Anda periksa darah ke dokter agar dicari tahu penyebab demam serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari."
demam berdarah denguedemam rematikdemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil