Demam 4 hari setelah minum obat terasa pusing dan nyeri sendi

HS Info Penanya: HS, Pria
Saya mau tanya,saya demam sdah 4 haridisertai sakit kepala,ruam,radang tenggorokan.Saya sudah pergi berobat tapi setelah saya minum obatnya saya berasa pusing,mual, dan nyeri sendi terlebih lagi di pergelangan tangan..skrang obatnya sy stop,mohon pencerahanya dok..Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Demam yang sudah berlangsung lebih dari 3 hari perlu dipastikan penyebabnya baik melalui tanya jawab oleh dokter mengenai keluhan, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan. Jika sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dan merasa keluhan semakin berat setelah minum obat ada baiknya kembali dilakukan evaluasi dengan ditambah pemeriksaan tambahan seperti tes laboratorium untuk memeriksa darah, urine ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Timbulnya keluhan pusing, mual dan nyeri sendi setelah minum obat bisa karena efek samping obat ataupun merupakan gejala yang timbul karena perjalanan penyakit. Dimana demam bisa timbul karena beberapa penyebab seperti infeksi saluran napas, infeksi saluran kemih, infeksi pencernaan dan infeksi organ lain akibat virus, bakteri ataupun parasit, bisa juga disebabkan oleh penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk seperti demam berdarah, chikungunya, malaria ataupun lainnya.

Demam juga bisa disertai gejala sesuai dengan organ yang memicu seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, mual dan muntah, sakit kepala, ruam kulit, nyeri sendi, kelelahan dan lainnya. Untuk itu juga perlu banyak beristirahat, perbanyak minum air putih, jaga asupan nutrisi, kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat atau dingin, dan konsumsi obat pereda demam dan nyeri seperti paracetamol dan kembali periksakan diri dan bawa obat yang sudah diberikan agar dokter bisa melihat apakah ada obat yang berpotensi menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meriang pada anak memiliki beberapa penyebab salah satunya adalah imunisasi

Tak Perlu Panik, Ini Penyebab Meriang pada Anak yang Bisa Diantisipasi

Banyak hal yang menyebabkan meriang pada anak yaitu infeksi, pakaian yang terlalu tebal, imunisasi. Untuk mengobatinya di rumah, berikan obat penurun panas, kompres air hangat.