logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Psikologi

Sedih terus menerus, apakah depresi?

22 Okt 2020, 16:17

VA

Info Penanya: VA

Jadi bengini dok, udah lama sayang sering ngurung sendiri ,jarang keluar, kalo ada orang ngajak ngobrol aja saya rasa gak nyaman risih, saya senang dengan kesendirian, tidak suka dengan keramayan, saya jarang mengobrol dengan orang, dengan orang rumah pun saya jarang ngobrol, semenjak saya lulus dari sma, dan saya gak dapet" kerja, nah semenjak itu saya jadi suka sedih suka nangis sendiri bingung kesal ngerasa gak berguna dan ketika saya lagi down, gak ada satu orang pun yng suport saya,

Dilihat 1255

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Dwiana Ardianti

Selamat pagi, V

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rasa sedih wajar dirasakan orang terlebih bila tidak mendapatkan apa yang diinginkan stau kecewa terhadap sesuatu. Namun, umunnya kondisi ini tidak berangsur lama dan dapat diatasi dengan baik. Rasa sedih yang menetap, tidak ada penyebab pasti hingga menyebabkan seseorang kehilangan minat dan menarik diri dari lingkungan yang dirasakan lebih dari 2 minggu bisa disebabkan oleh depresi. Seseorang dapat di diagnosa depresi bila terdapat 5 dari 9 gejala yang di cantumkan. 

Adapun gejala depresi tersebut adalah:

  • Anhedonia (hilangnya minat atau rasa senang)
  • Suasana hati murung
  • Merasa tidak berharga
  • Adanya gangguan psikomotor
  • Gangguan tidur
  • Perubahan berat badan
  • kelelahan
  • Penurunan daya konsentrasi
  • Keinginan untuk bunuh diri

Terkait dengan pertanyaan Anda, selain karena depresi keluhan yang Anda rasakan juga bisa disebabkan karena kurangnya rasa percaya diri, ganguan mood, atau karena kondisi psikologis yang lainnya. Jika kondisi ini sudah menggangu aktivitas dan hubungan Anda dengan orang lain sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke psikiater terdekat.

Beberapa saran sementara untuk mengatasi kesedihan yang Anda rasakan adalah:

  • Mencoba bercerita dengan orang terdekat
  • Hindari stres dan kelelahan
  • Melakukan hobi Anda
  • Konsumsi makanan sehat bergizi
  • Lakukan olahraga ringan
  • Berusaha berpikir positif

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dwiana A

depresikesehatan mentalgangguan psikologis

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved