05 Oct 2021, 08:31Penyakit Lainnya

Debu masuk ke mata atau ke sela jari dan kuku

RA
Info Penanya: RA0
Kemasukan debu di kaki ataupun di mata, apa bisa membahayakan ke penyakit yg berbahaya?
111 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Setamat siang, RTerima kasih atas pertanyaan AndaDebu yang masuk kedalam tubuh seperti pada mata, pada saluran napas, atau bahkan pada sela jari atau kuku kaki jika tidak dibersihkan atau terjadi iritasi bisa menyebabkan infeksi. Untuk itu, meskipun tidak secara langsung menyebabkan kematian yang mendadak sebaiknya Anda tidak menyepelekan tubuh Anda mata Anda terkena debu.

Apakah debu yang masuk ke mata berbahaya?

Terkait dengan apa yang Ada tanyakan, Masuknya debu ke mata umunya tidak menjadi masalah besar bila terjadi hanya sesekali dan tidak menggosok mata berlebihan. Saat debu masuk ke mata, biasanya mata akan mengeluarkan air mata lebih banyak dengan tujuan untuk membersihkan debu dan kotoran lain pada mata. Tetapi jika Anda menggosok mata belebihan, akibat adanya debu masuk ke mata, kondisi ini bisa memicu terjadinya iritasi mata atau bahkan luka pada lapisan mata. Jika tangan yang Anda gunkan menggosok mata ini dalam kondisi kotor, maka bisa juga memicu terjadinya infeksi. Tentunya bila terjadi infeksi mata, kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan mata. 

Bagaimana jika debu terkena kaki atau sela jari dan kuku?

Bila kaki, sela jari atau kuku terkena debu Anda bisa membersihkan dengan air mengalir dan mencuci dengan sabun, terutama bila Anda hendak menyentuh wajah atau bahkan makan / minum. Selain itu, jika ada luka disekitar area kaki  / sela jari, maka sebaiknya dibersihkan agar tidak infeksi.Pastikan Anda menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar Anda, terapkan protokol kesehatan yang berlaku, konsumsi makanan bergizi, lakukan istirahat cukup dan berolahraga ringan agar tubuh tetap sehat. Bila ada keluhan kesehatan, silakan periksa ke dokter terdekat dari lokasi Anda. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan matatips kesehatanmenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil