Muka bayi memerah dan tampak sesak napas saat disusui

FA Info Penanya: FA, Wanita, 30 Tahun
Dokter saya mau bertanya, setiap kali saya kasih ASI kepada bayi saya yang berusia hampir 23 hari, kalau lagi menyusu sering x kayak nafasnya kayak berhenti dokter sehingga muka memerah, kenapa gitu ya dokter? Tolong solusi nya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA.

Salah satu hal yang menyebabkan muka bayi memerah dan tampak sesak saat disusui adalah karena posisi menyusui yang salah. Apabila posisi kurang tepat, hidung bayi dapat tertutup oleh payudara, dan menyulitkan bayi untuk bernapas.

Selain karena posisi menyusui, reaksi alergi juga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Perlu diketahui, makanan yang ibu konsumsi dapat mengalir ke bayi melalui ASI. Jadi, misalkan bayi mengalami alergi telur, tetapi ibu mengonsumsi telur lalu menyusui, maka reaksi alergi bisa timbul.

Oleh karena itu, untuk sementara, lakukan menyusui dengan posisi yang benar. Berikut terlampir artikel tentang posisi menyusui yang disarankan. Nah, apabila sudah benar, tetapi keluhan masih terjadi, catat riwayat makan ibu dan perhatikan, apakah timbul reaksi hanya saat ibu mengonsumsi makanan tertentu? Apabila iya, hindari makanan tersebut, ya.

Kemudian, disarankan agar Anda berkonsultasi juga kepada dokter laktasi, dimana nantinya akan diperagakan cara menyusui yang benar, sekaligus dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi payudara dan mulut bayi, yang memengaruhi proses menyusui. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BA
06 Sep 2020, 02:36
Penjelasannya disini bun https://shrinke.me/f0qlci
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mastitis payudara dapat disembuhkan tanpa mengganggu proses menyusui

Kenali Gejala dan Bahaya Mastitis Payudara untuk Kepentingan Si Kecil

Mastitis adalah infeksi peradangan yang menyerang ibu menyusui pada trimester awal. Gejala mastitis ditandai dengan pembengkakan pada payudara dan payudara nyeri saat disentuh.