Terlambat KB apa bisa hamil?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 25 Tahun
Dok sya mau tanya kmren sya kb 3 bln trs telat kb tgl 1april trs sya tgl 1 april hubungan bdan apakah bisa hamil lg dok trs gimana kalau di lanjut kb lg bisa..terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Suntik KB adalah metode kontrasepsi paling sederhana, namun karena jangkanya setiap 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali, maka kadang bisa terlupa untuk suntik kembali.

KB 3 bulanan mengandung hormon yang lebih banyak jika dibanding dengan yang 1 bulan sekali, sehingga tentunya efek mencegah kehamilan tidak langsung hilang ketika Anda terlupakan untuk suntik kembali.

Berapa lama Anda terlewat dari jadwal suntik yang seharusnya? Bila Anda terlewat suntik KB, maka Anda seharusnya minum morning after pil setelah berhubungan seksual. Morning after pil ini merupakan kontrasepsi darurat yang diminum bila Anda lupa jadwal KB dan sudah terlanjur berhubungan seksual.

Bila Anda terlewat jadwal KB, maka segera suntik KB begitu Anda ingat. Suntik KB bisa dilanjutkan seperti biasa bila Anda hanya melewatkan beberapa hari saja, tidak sampai 1 minggu. Bila Anda terlupa sampai 2 minggu, maka sebelum suntik KB lanjutan Anda perlu melakukan tes pack dulu untuk konfirmasi sedang hamil atau tidak.

Agar tidak terlupa, tulis jadwal suntik KB Anda di kalender atau pasang alarm di gadget, atau tulis di kertas yang mudah dilihat sehingga tidak terlupa.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.