DBD dapat dideteksi dari air liur, benarkah?

RL Info Penanya: RL
Pagi dok. Apa betul DBD bisa diketahui melalui air liur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RL,

Demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit tropis yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Gejala demam berdarah

Demam berdarah dengue sendiri memiliki gejala seperti:

  • Demam tinggi antara 2-7 hari
  • Demam dapat turun pada hari ketiga dan kembali meningkat di hari kelima
  • Sakit kepala terutama nyeri dibelakang mata
  • Menimbulkan kelelahan atau nyeri otot
  • Timbul ruam atau bintik merah atau disebut ptekiae
  • Penurunan nafsu makan
  • Dapat menimbulkan perdarahan spontan seperti mimisan dan gusi berdarah

Virus dengue sendiri ada 4 tipe virus, dimana jika seseorang sudah pernah terkenda demam berdarah masih ada kemungkinan untuk bisa kembali terkena infeksi dengue dengan serotipe yang berbeda.

Pemeriksaan demam berdarah dengue

Untuk menentukan seseorang terinfeksi demam berdarah atau tidak, dapat dilakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang dimana yang digunakan adalah pemeriksaan darah lengkap dimana dapat ditemukan penurunan kadar leukosit atau disebut leukositopenia dan penurunan kadar trombosit atau trombositopenia ataupun kadar hematokrit yang meningkat. Selain itu ada juga pemeriksaan serologi untuk mendeteksi antibodi yang terbentu ataupun pemeriksaan untuk mendeteksi protein dalam virus seperti tes demam berdarah NS1.

Saat ini ada teknologi pemeriksaan menggunakan air liur yang dikembangkan oleh Institute of Bioengineering and Nanotechnology di Singapura yang pemeriksaannya adalah mendeteksi antibodi dengue yang dihasilkan tubuh saat terjadi infeksi. Tetapi teknologi ini masih perlu penelitian lebih lanjut dan juga uji klinis untuk dapat digunakan sebagai salah satu pilihan pemeriksaan yang dapat digunakan mendeteksi infeksi DBD. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemeriksaan TORCH dapat mendeteksi beberapa infeksi pada ibu hamil.

Mengenal Pemeriksaan TORCH demi Kesehatan Janin dalam Kandungan

Pemeriksaan TORCH dilakukan untuk mendeteksi infeksi pada ibu hamil. Jangan pernah meremehkan pemeriksaan TORCH. Sebab, prosedur ini bisa mencegah penularan infeksi pada janin dalam kandungan. Kenalilah prosedur tersebut hingga langkah-langkah persiapannya.