08 May 2020, 12:11Infeksi

DBD bisa dirawat tanpa opname, benarkah?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Siang Dok. Apa kalau anak terkena DBD harus diopname di rumah sakit? Tidak bisa dirawat di rumah dok? Mohon infonya ya. Terima kasih
12777 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Demam berdarah dengue adalah penyakit infeksi virus yang seharusnya bisa sembuh sendiri selama daya tahan tubuh baik, dan asupan makanan serta cairan bisa masuk secara teratur.Namun yang perlu dipahami adalah turunnya kadar trombosit susah dilihat dari gejala atau penampilan fisiknya saja, karena kadar trombosit yang turun tidak selalu ditandai dengan mimisan, gusi berdarah atau bintik-bintik kemerahan di kulit.

Rawat inap di Rumah Sakit bertujuan untuk:

  • Memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi karena saat sakit DBD maka akan muncul kebocoran plasma yang menyebabkan tubuh dehidrasi, yang bisa berakhir dengan syok bila penanganannya terlambat.
  • Cek darah lengkap secara berkala tergantung kadar trombosit, hematokrit, dan leukositnya. Namun bila kadar trombosit sudah di bawah 100.000 per mikroliter, maka wajib opname meski kondisi anak baik dan mau makan minum banyak.
  • Mengurangi keluhan yang ada seperti mual, sakit kepala, demam, sehingga anak bisa makan banyak dan lekas sembuh.
Yang penting ketika anak Anda demam lebih dari 3 hari, maka lakukan pemeriksaan darah lengkap. Bila trombositnya sudah dibawah normal, maka pemeriksaan perlu diulang setiap hari atau setiap 2 hari sekali tergantung nilainya.Lakukan pemeriksaan ke dokter anak bila anak tampak lemas, atau mual muntah dan tidak mau makan.Salam sehat,dr. Vina
demam berdarah denguedehidrasisyok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil