Daun ginseng untuk penyakit batu ginjal, apakah boleh digunakan?

IR Info Penanya: IR
Dok saya ingin bertanya, setelah saya divonis menderita batu ginjal, apakah saya tetap bisa mengkonsumsi daun gingseng? Karena saya terbiasa mengonsumsinya setiap pagi, dok. Saya menganggapnya seperti jamu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IR,

Batu ginjal adalah gangguan pada organ ginjal dimana terjadi pembentukan batu yang bisa beragam jenisnya seperti batu kalsium, batu struvite, batu asam urat, batu sistin dan lainnya. Terbentuknya batu sendiri bisa karena penumpukan serpihan-serpihan yang tidak terbawa keluar bersama urine dikeluarkan dari ginjal.

Penyebab batu ginjal sendiri diantaranya adalah asupan makanan atau minuman yang kaya zat kimia tersebut sehingga memicu pengkristalan, asupan cairan yang kurang, diet tertentu, gangguan pencernaan dan faktor lainnya. Penanganannya sendiri beragam mulai dari penggunaan obat, tindakan medis sampai operasi untuk menghilangkan batu dari ginjal dan jika sampai turun ke saluran kemih.

Daun ginseng sendiri seperti jenis ginseng jawa atau talinum paniculatum belum memiliki efek kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah terutama untuk batu ginjal. Untuk itu penting menjaga kesehatan ginjal dengan minum banyak air putih, hindari makanan dan minuman yang bisa memicu pembentukan batu ginjal dan jika batu tidak bisa ditangani dengan obat-obatan ada baiknya segera dilakukan tindakan sebelum menimbulkan gejala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan mengonsumsi lemon bersama air, Anda bisa mendapatkan manfaat lemon bagi kesehatan ginjal

Gantikan Peran Obat, Ini Manfaat Lemon untuk Penyakit Ginjal

Mengonsumsi air lemon menjadi cara ekonomis dan menyenangkan untuk menangkal penyakit batu ginjal. Sejumlah riset membuktikan, konsumsi lemon efektif menekan laju pertumbuhan batu ginjal. Ternyata, manfaat lemon bagi kesehatan pun berdampak baik dalam menghalau penyakit ginjal.