datang menanyakan histori penyakit

AW Info Penanya: AW, Wanita, 21 Tahun
Dok. Saya mau tanya . Kalau kita dtg ke rs untuk menanyakan history penyakit yg diderita sma keluarga kita yg pernah rawat inap di rs trsebut, sementara si pasien sdh kluar dri rs trsebut. Alasannya si krena kluarga tdak mngetahui jelas pnyakitbapa yg diderita si pasien. Itu bagaimana ya dok. Jika dtg ke rs dgan mmbawa bbrpa berkas sbgai bukti bahwa ada hubungan keluarga dgn pasien
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AW

Mengetahui penyakit apa yang diderita dan  mengetahui isi rekam medis pasien itu adalah hak pasien namun kerahasiaan rekam medis masih tetap milik rumah sakit, biasanya pasien yang telah pulang akan diberikan resume akhir tentang anamnesis, hasil pemeriksaan fisik dan penunjang serta terapi apa yang diberikan dan diagnosa akhir pasien. 

Yang berhak mengetahui diagnosis dan history selama perawatan adalah pasien yang bersangkutan dan keluarga terdekat yang paling bertanggung jawab seperti suami istri, anak, orang tua. Biasanya rumah sakit tetap bisa memberikan informasi resume pada keluarga terdekat untuk kepentingan tertentu.

Untuk mengetahui itu anda coba komunikasikan dengan pihak rumah sakit yang bersangkutan.

Salam sehat

dr. Zulham

AW
06 Aug 2019, 09:35
Thanks ya dok atas responnya. Soalnya adik saya tidak memberikan hasil resume dari rs. Dan kami tidak tahu kapanbeliau masuk rs. Maka itu saya sebagai keluarga ingin mengetahui secara detail penyakit yg diderita adik saya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rumah sakit berhenti melayani pasien BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan: Saat Pasien Sudah Tidak Dapat Dilayani di Fasilitas Kesehatan

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kejadian pemutusan kontrak antara rumah sakit dan klinik dengan BPJS Kesehatan. Konon penyebabnya adalah akreditasi rumah sakit. Simak selengkapnya dalam artikel ini.