27 Dec 2020, 15:44Kulit & Kelamin

Mengapa menstruasi datang 2 kali dalam sebulan ?

PA
Info Penanya: PA0
Selamat sore dok saya, pisi usia saya 20 tahun saya mau tanya dok, awal bulan desember saya datang bulan dok, trus sekarang sudah 2 malam saya mengalami datang bulan lagi dok, tapi datang bulannya cuma malam hari dok, dan sekarang saya datang bulan lagi dok tpi malamnya tidak, dan yg keluarpun cuma sedikit, itu kenapa ya dok? Apakah itu normal apa tidak dok?
244 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, P.Gangguan menstruasi dapat terjadi kepada siapa saja, walau wanita tersebut belum melakukan hubungan seksual secara aktif, wanita saat pubertas, wanita usia produktif, wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, dan wanita menjelang menopause. Gangguan menstruasi yang dirasakan juga bermacam-macam, antara lain tidak menstruasi ditanggal yang seharusnya, menstruasi yang datang lebih cepat, timbul perdarahan di antara periode menstruasi, selalu nyeri perut saat menstruasi datang. Semua keluhan ini membuat tidak nyaman pada penderitanya.

Mengapa menstruasi datang 2 kali dalam sebulan ?

Proses terjadinya menstruasi dapat dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Siklus menstruasi tiap wanita berbeda-beda, namun rata-rata wanita akan mengalami menstruasi tiap 28 hari. Ini dihitung dari hari pertama seorang wanita menstruasi pada bulan sebelumnya hingga hari pertama seorang wanita menstruasi pada bulan selanjutnya. Siklus menstruasi yang normal antara 21 hari hingga 35 hari. Menstruasi yang datang lebih awal dari tanggal seharusnya karena siklus menstruasi yang memendek kurang dari 21 hari, sehingga wanita dapat menstruasi sebanyak 2 kali dalam sebulan.

Apa yang menyebabkan siklus menstruasi memendek ?

Siklus menstruasi memendek dapat disebabkan oleh hal berikut :
  • Gangguan emosi yang membuat wanita strss, depresi, dan sedih.
  • Penyakit gangguan metaboisme seperti hormon tiroid yang meningkat (hipertiroid).
  • Terlalu banyak pekerjaan yang membuat tubuh menjadi lelah.
  • Gangguan pembekuan darah.
  • Gangguan hormon tubuh akibat ketidakseimbangan berat badan misalnya terlalu gemuk dan terlalu kurus.

Apa efek yang ditimbulkan saat menstruasi datang 2 kali dalam sebulan ?

Menstruasi datang 2 kali dalam sebulan menyebabkan darah yang dikeluarkan lebih banyak dari tubuh. Pengeluaran darah ini akan mengeluarkan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh pula, sehingga seorang wanita dapat menjadi anemia. Untuk mencegahnya, seorang wanita harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti hati ayam, sayuran hijau serta daging. Jika setelah menstruasi wanita mengalami lemas, pusing, mual, dan badan menjadi tidak bersemangat, segera ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
anemia defisiensi besigangguan menstruasipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil