Haid yang tidak teratur apakah itu gangguan menstruasi?

HZ Info Penanya: HZ
Dok saya mau tanya..Saya dari semenjak remaja hingga saya sekarang sudah berkeluarga, dan memiliki 1anak..Saya selalu tidak teratur datang bulanyaBsa hingga 4bulan,Dan setelah saya haid.. 3hri sudah bersih.. dan dia juga tidak mrngeluar kn gumpalan darah kotornyaItu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mentruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina dan hampir dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi seorang wanita pada umumnya setiap 28 hari, tetapi ada juga setiap 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar. Menstruasi dikatakan tidak lancar jika siklus mens dibawah 21 hari atau di atas 35 hari, darah yang keluar sangat banyak atau bahkan lebih sedkit dari normal, tidak haid dalam tiga periode berturut-turut, dan ada rasa nyeri, kram, serta mual. 

Bentuk-bentuk gangguan menstruasi berupa:

  • Menorrhagia: perdarahan menstruasi sangat banyak dan lebih dari 7 hari sehingga mengganggu aktivitas.
  • Amenorrhea: menstruasi tidak datang dalam kurun waktu 90 hari.
  • Dysmenorrhea: kram dan rasa nyeri pada perut yang datang saat menstruasi. 
  • Oligomenorrhea: menstruasi tidak datang secara teratur dan tidak sesuai dengan siklusnya. 
  • Metrorrhagia: keluarnya darah di luar siklus mens. 

Siklus menstruasi yang Anda alami ini bisa saja merupakan salah satu bentuk gangguan menstruasi yang sudah dijelaskan diatas. Penyebabnya bisa karena gangguan hormon, penggunaan KB, stres, kelelahan fisik, dan kondisi medis seperti PCOS, fibroid rahim, endometriosis, dll. 

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (tes lab darah, USG). Sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.