19 Sep 2021, 02:37Kandungan

hubungan saat haid apakah menyebabkan kehamilan?

HP
Info Penanya: HP0
Dok saya mau tanya.. saya kira hari ini terakhir saya haid, saya sudah bersih. Tapi suami saya ngajak saya berhubungan seketika haid saya keluar lagi, tapi suami saya keluarkan cairan itu diluar tidak didalam. Apakah saya bisa hamil dok? Tolong dijawab ya dok terima kasih
74 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo H,Berhubungan saat haid meskipun sudah hari terakhir, tetap dapat menyebabkan gangguan pada haid yaitu haid menjadi keluar lagi. Sebenarnya haid dipengaruhi oleh hormon dan kontraksi rahim, untuk itu adanya hubungan seksual yang menyebabkan rahim terguncang juga dapat menyebabkan darah menjadi keluar lagi.

Dampak berhubungan saat haid 

Perlu diketahui bahwa berhubungan saat haid memiliki resiko menyebabkan infeksi bakteri, iritasi dan penyakit menular seksual. Karena ketika haid belum benar-benar berhenti, mulut rahim lebih terbuka dan darah yang sudah keluar dari rahim dapat masuk kembali ke dalam rahim oleh dorongan dari penis. Darah yang sudah keluar ke vagina, inilah yang jika masuk kembali akan menyebabkan infesi bakteri karena sudah terkena dinding vagina yang banyak mengandung bakteri.Hubungan saat haid tidak dapat menyebabkan kehamilan, namun karena beresiko menyebabkan infeksi sebaiknya hindari melakukan hubungan sebelum haid benar-benar selesai. Untuk saat ini, jagalah kebersihan kemaluan Anda sebaikmungkin dan jika ada keluhan lebih lanjut lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan kandunganhubungan seksualgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil