30 May 2021, 03:47Kandungan

Kenapa setelah suntik KB haid tidak teratur?

TJ
Info Penanya: TJ0
Dok,sayh suntik KB yg 3bulan pertama KB sekitar dapet 2bulan tidak haid tapi pas bulan yg ke 3 sayah datang bulan seminggu sekali
57 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, TJTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB termasuk pada kontrasepsi yang hormonal  dimana ada kandungan hormon yang bekerja menghambat sperma masuk ke rahim, mencegah perlekatan sel telur di dinding rahim serta menghambat adanya pelepasan sel telur sehingga tidak ada perkembangan janin.  Penggunaan yang teratur dan sesuai anjuran dapat meningkatkan efek kerja KB hingga 98% dalam mencegah kehamilan.  Tentunya hal ini disertai juga adanya efek samping yang mungkin terjadi. 

Efek samping dari suntik KB 3 bulanan :

  • Gangguan siklus haid.
  • Perdarahan di lur siklus haid.
  • Peningkatan berat badan.
  • Jerawat dan flek hitam.
  • Sakit kepala.
Jadi kemungkinan tidak haid dan haid yang sering dapat terjadi karena efek samping penggunaan KB hormonal.  Selain itu bisa juga karena kehamilan, menyusui, stres, obesitas, gangguan di rahim serta kelainan di hormon tiroid.  Bila anda ingin siklus haid tidak terganggu bisa pertimbangkan mengganti KB hormonal menjadi non hormonal. Jaga berat badan seimbang, perbanyak air putih, istirahat cukup, olahraga teratur juga dapat membantu agar siklus haid normal kembali.  Periksa ke dokter spesialis kandungan bila gangguan siklus haid ini menganggu aktivitas sehari-hari. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidmenstruasipenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil