11 Mar 2021, 09:13Kandungan

Haid tidak teratur setelah lepas KB suntik kenapa?

AL
Info Penanya: AL0
Halo dok, saya ayu usia 29 tahun. Gini dok, saya dulu KB suntik 3 bulan kurang lebih 20 bulan. Selama saya KB saya tidak pernah datang bulan. Nah, setelah berhenti KB saya blom datang bulan juga, 5 bulan kemudian saya datang bulan tapi yg anehnya dalam sebulan itu saya datang bulan 3 kali. Mohon pencerahannya dok. Saya harus gmn?
172 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore ALKb suntik merupakan alat kontrasepsi yang sangat sering digunakan oleh para ibu-ibu karena praktis dan sangat efektif mencegah kehamilan. Di dalamnya mengandung hormon progestin untuk menghambat pembentukan sel telur sehingga tidak ada sel telur yang bisa dibuahi serta produksi lendir pada leher rahim yang banyak menahan sel sperma untuk masuk.

Efek KB Suntik Masih Bertahan Selama Beberapa Bulan

Dalam penggunaannya terdapat berbagai efek yang bisa didapat, salah satunya adalah haid yang tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali. Setelah melepas KB suntik pun sisa dari efek ini masih akan bertahan selama beberapa bulan bahkan hingga 1 tahun.

Menyokong Fungsi Reproduksi

Organ reproduksi akan secara perlahan mengembalikan fungsinya. Jadi untuk menyokong fungsinya segera kembali normal, anda bisa melakukan langkah pola hidup sehat. Langkah-langkah tersebut meliputi:
  • Olahraga teratur 3x seminggu minimal 30 menit
  • Menurunkan berat badan berlebih hingga ideal
  • Istirahat cukup
  • Hindari stres
  • Makan bergizi seimbang, perbanyak buah dan sayur
  • Asupan air putih minimal 2 liter perhari
  • Bisa ditambahkan multivitamin dan mineral
Namun apabila haid belum kunjung kembali normal atau anda ingin melakukan program kehamilan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL 
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil