Datang bulan berkepanjangan karena KB 3 bulan, bagaimana menghentikannya?

QI Info Penanya: QI, Wanita, 22 Tahun
Dok. Saya baru saja menggunakan KB 3 bulan sekali dari bulan 12 tapi dari bulan 1 sampai bulan 3 sekarang datang bulan tidak kunjung selesai. Bagaimana cara menghentikan nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, QI.

Kontrasepsi adalah metode yang digunakan pasangan suami istri untuk menunda kehamilan. Pada saat ini, dikenal dua macam kontrasepsi, yaitu alami (pantang berkala atau metode kalender, senggama terputus) dan buatan. Kontrasepsi buatan sendiri dibagi menjadi hormonal dan non-hormonal.

Kontrasepsi yang Anda gunakan, yaitu suntik setiap tiga bulan, adalah kontrasepsi hormonal yang mengandung progestin, atau bentuk sintetik dari progesteron. Karena mengandung hormon, maka kontrasepsi ini akan memengaruhi hormon normal di tubuh Anda.

Perubahan hormon akan memberikan efek seperti:

  • Siklus haid yang berubah, seperti haid berkepanjangan atau malah tidak haid sama sekali
  • Kenaikan berat badan
  • Nyeri kepala
  • Emosi yang tidak stabil, naik turun
  • Jerawat
  • Perubahan kepadatan tulang

Nah, terkait kasus Anda, apabila Anda ingin siklus haid kembali normal, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk jenis kontrasepsi lain yang juga cocok untuk Anda. Kontrasepsi yang tidak memengaruhi siklus haid adalah kontrasepsi alami, atau kontrasepsi buatan seperti kondom dan IUD.

Apabila perdarahan sangat deras disertai dengan tubuh yang lemas dan pucat, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.