Datang bulan keluar darah kental

ST Info Penanya: ST, Wanita, 29 Tahun
Dok saya mau tanya kalau datang bulan keluar darah kental
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ST,

Darah menstruasi memang memiliki karakter yang berbeda-beda pada tiap siklus dan pada tiap individu. Darah menstruasi bisa berwarna lebih terang, lebih gelap, volume yang banyak, sedikit, bisa lebih cair, lebih kental sampai menggumpal. Penyebab darah yang lebih kental atau menggumpal sendiri masih dapat dikatakan normal karena di dalam tubuh terdapat faktor-faktor pembekuan darah yang mempengaruhi karakter darah haid yang keluar.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika darah haid keluar lebih dari 7 hari, perdarahan bergumpal-gumpal dan banyak hingga harus mengganti pembalut lebih dari biasanya, ataupun sampai menimbulkan lemas, tanda kekurangan darah, sampai pingsan dimana bisa disebabkan oleh menorrhagia atau menstruasi berlebih dan terus menerus.

Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter agar diketahui apa yang menjadi penyebabnya seperti dilakukan tes lab darah, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Upayakan untuk minum banyak air putih, cukup beristirahat, kelola stres dengan baik, jaga kebersihan dan kesehatan organ intim, ganti pembalut setiap 3 jam sekali untuk menjaga kebersihan organ intim. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.