08 Jul 2021, 13:12Pernapasan

Dari mana dahak dan liur kental berasal?

BK
Info Penanya: BK, Pria, 23 Tahun
Dok, jika seseorang mengalami radang atau batuk dan flu, dari manakah lendir,dahak, dan liur kental itu diproduksi? dan datangnya dari mana? Apakah itu merupakan cairan dari paru-paru atau cairan dari tenggorokan? Bagaimana langkah awal meredakan tenggorokan meradang? Karena di kota saya molai dari 2 hari lalu, suhu 14°, 16° hingga 18° jadinya saya mengalami radang dok. Namun saturasi normal 97 keatas.
1367 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Pagi BK,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Dahak sebenarnya merupakan salah satu lendir yang di hasilkan oleh paru yang berfungsi untuk melembapkan tenggorokan untuk melindungi saluran pernafasan dari benda asing. Namun bila dahak yang di hasilkan terlalu banyak tentunya akan membuat saluran pernafasan menjadi tersumbat.

Beberapa penyebab dahak yang kental :

  • Suhu atau lingkungan yang terlalu dingin
  • Kebiasaan merokok 
  • Memiliki penyakit hidung seperti sinusitis
  • Dehidrasi atau kekurangan minum
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
Dahak juga bisa berubah-rubah warna mulai dari bening, putih, kuning, hijau. Jika Anda mendapati dahak yang sudah berubah menjadi warna kekuningan, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut atau Anda bisa berkonsultasi secara online chat ke dokter penyakit dalam. Sementara untuk mengatasi keluhan dahak Anda yang banyak sebaiknya, hirup uap hangat, jaga suhu ruangan Anda tetap lembab bisa dengan penggunaan humidifier, atau minum jahe hangat, makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, hindari konsumsi makanan pedas dan berlemak, perbanyak minum air putih, hindari konsumsi soda atau kopi.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
batuk berdahakkelenjar air liurair liur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil