22 Jun 2021, 15:39Saraf

Fisik sehat namun tidak mampu mengerjakan apapun, apakah retardasi mental ?

AH
Info Penanya: AH0
Halo dok. Saya punya adik berusia 23 tahun. Walaupun dari umur seharusnya sudah dewasa tapi tingkahnya selayaknya bayi yang berusia kurang dari 2 tahun. Secara fisik dia sehat tidak ada yang aneh. Mampu berjalan sampai berlari. Tapi lebih dari itu dia tidak mampu. Misalnya diajak bicara atau menanggapi sesuatu. Dia juga Tidak bisa mengurus dirinya sendiri. Masih dibantu untuk buang air, makan dan mandi. Terkadang juga mengalami epilepsi. Klo boleh tau Penyakit adik saya apa dok?
166 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Tubuh tidak hanya tumbuh yang diukur dari bentuk fisik baik tinggi maupun berat badan, tetapi juga berkembang. Perkembangan tubuh dinilai dari segala aspek termasuk kemampuan bicara, kemampuan motorik, kemampuan sensorik dan kemampuan berpikir. 

Fisik sehat namun tidak mampu mengerjakan apapun, apa penyebabnya ?

Adik Anda yang berusia 23 tahun dimana fisik sehat, dapat berjalan, belari namun tidak mampu mengerjakan apapun, termasuk berbicara, respon terhadap orang lain, mengurus diri sendiri mulai dari buang air, makan dan mandi dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Retardasi mental.
  • Gangguan perkembangan otak.
  • Penyakit yang mendasari misalnya epilepsi, meningitis, malnutrisi, cidera atau tumor otak.
  • Gangguan kejiwaan seperti skizofrenia, depresi, PTSD.
Untuk mengetahui penyebab pasti dan mengatasi semua keluhan yang adik Anda alami, sebaiknya Anda membawa adik Anda ke rumah sakit dan melakukan pemeriksaan lengkap mulai dari fisik, darah, rontgen, CT scan atau EEG jika diperlukan dan konsultasi ke berbagai dokter termasuk dokter saraf maupun dokter penyakit dalam.Sebenarnya ini sudah cukup terlambat karena otak berkembang pesat di saat usia emas yaitu 2 tahun pertama kehidupan. Tetapi jangan patah semangat, terus berusaha, semoga yang terbaik untuk adik Anda dan adik Anda bisa beraktifitas normal kembali. Jangan lupa untuk memberikan makanan bergizi, mandikan secara rutin, jaga kebersihan badannya dan berikan vitamin agar terhindar dari berbagai penyakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan otakpenyakit otakepilepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil