Apakah menggunakan pil KB akan membuat menstruasi teratur daripada suntik KB?

TG Info Penanya: TG, Wanita, 24 Tahun
Selamat malam dok sy irna.kan sebelumnya sy pernah kb suntik 3 bulan setelah lahiran anak pertama selama setahun, tapi haid sy tidak teratur, bahkan tidak haid sama sekali, dan ada yg menyarankan sy untuk kb suntik 1 bulan supaya haidnya lancar nah sy coba beberapa bulan tp hasilnya sama Tapi bidan tmpt sy suntik menyarankan pakai pil kb pasti haidnya teratur.Pertanyaan sy apakah sy bisa langsung minum pil kb hari dimana jadwal suntik tampa menunggu haid,Kalu menunggu haid pasti akan lama
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam TG,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Suntik KB dengan pil KB sama-sama termasuk ke kontrasepsi sistem hormonal. Pada suntik KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon esterogen. Dibanding dengan KB Suntik 3 bulan, KB suntik 1 bulan memiliki efek samping yang lebih minimal.

KB Suntik 1 bulan memiliki beberapa efek samping, diantaranya :

  • Timbulnya perdarahan yang tidak normal
  • Sering lupa jadwal suntik karena durasinya yang 1 bulan
  • Menimbulkan pusing dan payudara lebih terasa sensitif atau nyeri
  • Membuat perubahan mood

Pil KB merupakan metode kontrasepsi bentuk tablet yang mengandung hormon estrogen dan progesteron, atau hanya progesteron saja. Sebenarnya penggunaan pil Kb juga dapat membuat siklus menstrusi Anda tidak teratur.

Dengan melanjutkan menggunakan pil, pil akan berperan dalam mengatur siklus agar kembali normal dan anda akan haid tiap bulannya tapi memang memerlukan waktu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Inseminasi buatan bertujuan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan

Persiapan dan Prosedur Inseminasi Buatan yang Perlu Anda Ketahui

Inseminasi buatan bisa jadi pilihan alternatif bagi pasangan dengan masalah kesuburan tetapi ingin punya momongan. Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim.