Darah keluar saat hamil , apakah penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok, umur saya 18 thn, saya hamil 3 bulan dan saya mengeluarkan darah yang cukup banyak darah nya encer tapi saya tidak merasa sakit, beberapa hari sebelum prndarahan saya pernah merasakan sakit dibagian perut dok.. Darah apa ya dok yang keluar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan adalah kondisi yang diinginkan oleh hampir setiap pasangan. Pada kehamilan usia muda, yaitu pada usia kehamilan trimester pertama sangat rentan terjadinya perdarahan dan dapat menyebabkan keguguran atau istilah medisnya sering disebut dengan abortus. 

Adapun jenis dan macam dari abortus adalah:

Terkait dengan keluhan Anda, perdarahan selain karena abortus bisa juga karena kelelahan atau karena adanya riwayat trauma (benturan /cedera ) pada area organ kewanitaan. Untuk itu sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat agar diketahui penyebabnya dengan dilakukan pemeriksaan fisik serta penunjang seperti USG kehamilan bila diperlukan.

Usahakan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, hindari konsumsi kafein (kopi) / alkohol / minuman bersoda, cukupi kebutuhan cairan harian, hindari kelelahan dan juga stres, lakukan istirahat tirah baring /bedrest, jaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur, lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar. 

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gerakan janin terasa sampai miss V masih termasuk kondisi wajar

Gerakan Janin Terasa Sampai Miss V, Wajar Terutama di Trimester Akhir

Deretan keluhan ibu hamil yang dirasakan sejak awal kehamilan bisa bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Apalagi saat memasuki trimester ketiga, terkadang gerakan janin terasa sampai miss V.