Darah dari organ kewanitaan

CX Info Penanya: CX, Wanita, 34 Tahun
Dok izin bertanya, saya pernah berhubungan seks pertama kali dan mengeluarkan darah dari vagina. Saya kira itu tanda saya sudah tidak perawan lagi. Dan selang beberapa tahun saya lakukan lagi dan masih mengeluarkan darah setelah berhubungan.1. Itu tandanya apa ya dok? 2. Jadi tentang darah vagina "perawan" tersebut valid atau tidak? Terima kasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CX,

Perdarahan saat berhubungan intim tidak hanya disebabkan oleh robeknya selaput dara atau pada saat berhubungan intim pertama kali saja. Perdarahan saat berhubungan seksual bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  • Vagina yang kering
  • Adanya peradangan vagina
  • Infeksi pada vagina
  • Adanya polip pada rahim atau vagina
  • Adanya luka pada organ kelamin
  • Infeksi menular seksual

Mitos perdarahan selaput dara

Apabila mengalami perdarahan saat berhubungan seksual dan sering kali terjadi, sebaiknya bisa diperiksakan pada dokter untuk dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Upayakan tidak terburu-buru ketika melakukan penetrasi, bisa lakukan pemanasan atau foreplay lebih lama, gunakan pengaman atau pelindung seperti kondom, gunakan pelumas tambahan jika vagina kering, upayakan benar-benar terangsang saat melakukan penetrasi untuk menghindari vagina kering.

Untuk keperawanan sendiri tidak selalu ditentukan karena perdarahan saja, karena selaput dara pada wanita bisa juga robek karena penyebab lain seperti misalnya kecelakan, olahraga tertentu seperti berkuda, bersepeda, dan lainnya. Bentuk dan elastisitas selaput dara juga berbeda-beda jadi tidak selalu mengeluarkan perdarahan berarti masih perawan atau jika tidak berdarah berarti tidak perawan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Entah alat cukur elektrik maupun manual, pastikan selalu kebersihan tangan dan alat yang digunakan, sebelum mencukur rambut kemaluan

Mencukur Rambut Kemaluan, Latah karena Tren atau Memang Perlu?

Mungkin Anda bingung perlukah mencukur bulu kemaluan yang sudah panjang dan tebal? Memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan atau tidak adalah 100% hak Anda.