Apakah ada jus penurun darah tinggi?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
siang ibu dokter, mama saya susah sekali disuruh minum obat darah tinggi, padahal tensinya terus naik. Apa ada dok jus penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi mama saya? Mohon rekomendasinya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah melebihi nilai 120/80 mmHg. Biasanya tekanan darah tinggi ini menyerang orang dengan usia di atas 35 tahun, kegemukan, kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol, atau adanya riwayat genetik, serta kebiasaan mengonsumsi makanan yang asin dan gorengan.

Hipertensi memang merupakan salah satu penyakit yang seringkali membutuhkan obat-obatan seumur hidup, karena tanpa obat maka tekanan darah seringkali tidak terkontrol dan dapat menyebabkan jantung koroner, stroke hingga gagal ginjal dalam jangka waktu panjang.

Namun seringkali penderita tekanan darah tinggi enggan meminum obat untuk jangka waktu seumur hidup dan seringkali hanya meminum bila ada keluhan pusing, leher kaku, dan tentu saja hal tersebut tidaklah benar. Sehingga banyak yang beralih ke obat-obatan herbal seperti meminum jus.

Untuk jus dari bahan seledri, timun, labu siam memang bisa menurunkan tekanan darah, namun tentu saja bila tekanan darahnya tidak terlalu tinggi, dan pola makan bisa dijaga. Bila tekanan darah sangat tinggi tentunya harus dengan bantuan obat-obatan.

Pola makan yang perlu dijaga untuk penderita tekanan darah tinggi adalah:

Lakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter untuk memantau tekanan darah ibu Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Calcium channel blockers adalah obat-obatan yang diresepkan dokter untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi

Tangani Hipertensi dengan Calcium Channel Blocker, Simak Efek Sampingnya

Calcium channel blocker adalah kelas obat yang membantu menangani hipertensi. Obat ini bekerja dengan membatasi aktivitas kalsium atau menghambat aliran kalsium menuju jantung dan dinding pembuluh arteri. Seperti obat kebanyakan, calcium channel blocker juga kantongi risiko efek samping dan interaksi.