02 Aug 2019, 15:13Perut

Darah saat muntah dan buang air besar, apakah penyebabnya ?

AN
Info Penanya: AN, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya.. Ketika muntah dan buang air besar kerluar darah apa penyebabnya dan obat yang tepat untuk kesembuhan
17737 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andre Zaini
(0)
Selamat pagi, ANTerimakasih telah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.Perdarahan di saluran pencernaan biasanya gejala dari suatu kondisi klinis. Sumber perdarahan perlu dicari letaknya di saluran pencernaan. Saluran pencernaan meliputi kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dubur, dan anus. Pendarahan bisa terjadi di satu atau lebih dari area-area ini - dari area kecil seperti bisul pada lapisan perut atau dari masalah yang lebih luas seperti radang usus besar. Penyebabnya bervariasi, tergantung di mana perdarahan terjadi.

Jika ada di kerongkongan penyebabnya termasuk:
Esofagitis dan refluks gastroesofageal. Asam lambung yang kembali naik keatas, atau "refluks," kembali ke kerongkongan dari lambung dapat menyebabkan iritasi dan radang kerongkongan (esophagitis) yang dapat menyebabkan perdarahan.

Varises. Ini adalah pembesaran vena yang tidak normal yang biasanya terletak di ujung bawah kerongkongan atau perut bagian atas. Bisa terluka dan berdarah. Sirosis hati adalah penyebab paling umum dari varises esofagus.
Jika ada di lambung penyebabnya :Gastritis. Ini adalah peradangan di lambung. Alkohol dan beberapa obat pereda nyeri dapat menyebabkannya.

Tukak/Luka. Tukak lambung bisa membesar dan terkikis sampai ke pembuluh darah, menyebabkan pendarahan. Selain dari pengobatan, penyebab paling umum dari ini adalah infeksi dengan bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Juga, orang-orang yang pernah mengalami luka bakar, syok, cedera kepala, atau kanker, dan mereka yang pernah menjalani operasi besar, mungkin menderita sakit maag yang disebabkan stres.
Jika di saluran pencernaan bawah (usus kecil, usus besar, dan dubur) :
Wasir. Ini mungkin merupakan penyebab paling umum dari darah yang terlihat di saluran pencernaan bagian bawah, terutama darah yang nampak merah terang. Wasir adalah pembesaran pembuluh darah di daerah anus yang dapat pecah dan berdarah.

Luka di anus. Robekan di lapisan anus juga dapat menyebabkan perdarahan. Ini seringkali sangat menyakitkan.

Polip usus besar. Ini adalah pertumbuhan yang bisa terjadi di usus besar. Beberapa dapat berubah menjadi kanker seiring waktu. Kanker kolorektal juga dapat menyebabkan perdarahan.

Infeksi usus. Peradangan dan diare berdarah dapat terjadi akibat infeksi usus.
 
Untuk mengatasinya anda sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk tatalaksana selanjutnya.
 
Salam Sehat,
dr. Andre Zaini
pendarahansaluran pencernaanmuntah darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil