Apa penyebab tekanan darah rendah?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 16 Tahun
Setiap sy habis tidur sore, kepala terasa pening seperti mau pecah dan seperti mual namun tdk muntah, sy jg sering cek tekanan darah dan sering jg hasilnya termasuk rendah, sudah minum vitamin dan makan buah buahan, tp masih sering pusing, gimna cara mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Dalam dunia medis, tekanan darah rendah dikenal dengan istilah hipotensi, dimana disebut rendah apabila hasilnya kurang dari 90/60 mmHg. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kekurangan zat gizi tertentu, jarang minum air putih, memiliki penyakit bawaan seperti jantung atau anemia, dan berbagai penyebab lainnya.

Gejala Hipotensi

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah bisa mengalami satu atau lebih gejala-gejala berikut:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Merasa keliyengan atau sempoyongan
  • Mual dan muntah
  • Cepat lelah saat beraktivitas
  • Tangan dan kaki dingin
  • Jika berlangsung kronis, bisa menyebabkan pingsan atau kehilangan kesadaran

Terkait kondisi yang Anda alami, perlu diketahui apakah tekanan darah Anda di bawah 90/60 mmHg atau tidak. Jika memang di bawah angka tersebut, maka Anda memang menderita hipotensi. Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab pastinya.

Lalu, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih harian. Konsumsi juga sayur-mayur yang bervariasi, yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, hindari begadang dan tidurlah 7-9 jam perhari.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemeriksaan darah bisa dilakukan untuk mengetahui penyebab anemia.

Penyakit Anemia Merupakan Salah Satu Gejala Kanker, Benarkah?

Anemia kerap dianggap sebagai kondisi yang ringan. Padahal, anemia juga dapat menjadi salah satu gejala kanker di tahap awal, terutama kanker yang berhubungan dengan sumssum tulang belakang, dan kanker yang menimbulkan pendarahan.