Memasukan jari ke vagina, apa efeknya?

R Info Penanya: R
dok saya mengeluarkan cairan warna merah kecoklatan setelah dimainkan oleh pacar saya dgn jari (tapi tdk dimasukin) . apakah itu darah keperawanan atau bagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Memasukan jari ke vagina atau nama lainnya fingering vagina merupakan salah satu foreplay sebelum hendak melakukan hubungan seksual. Membuat wanita terangsang sehingga saat melakukan seks mencapai puncak kenikmatan. Tetapi, cara ini terkadang membuat keluarnya darah dari vagina karena selaput dara yang robek. Darah yang keluar biasanya berwarna merah atau berupa flek. Selain itu, ada beberapa hal yang menyebabkan keluarnya darah dari vagina saat memasukan jari.

Penyebab keluarnya darah saat memasukan jari ke vagina, yaitu:
  • Vagina tergores. Kulit di daerah vagina lebih tipis sehingga jika mendapatkan goresan, tekanan, dan dorongan akan lebih mudah berdarah dan terasa nyeri.
  • Infeksi vagina. Adanya darah saat memasukan jari di vagina bisa jadi menandakan adanya infeksi akibat bakteri seperti klamidia, vaginitis, dll.

Untuk memastikan apakah bercak darah merah kecoklatan akibat dari robekan selaput dara atau tidak, saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut dan ditangani dengan tepat. Saya sarankan untuk ke depannya jangan memasukan jari ke vagina karena akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan vagina Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bentuk vagina tiap wanita tidak sama

Ini Bentuk Vagina dan Anatominya, Normalkah Vagina Anda?

Perbedaan bentuk vagina adalah hal yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Jangan minder jika bentuk vagina Anda terlihat berbeda dari orang lain.