BAK darah yang menyertai nyeri pinggang, apa berbahaya?

MU Info Penanya: MU, Pria, 26 Tahun
Halo dok, istri saya hamil 4,5 bulan, beberapa hari mengalami nyeri di bawah perut serta sakit pinggang, kemudian di hari berikutnya keluar darah banyak saat kencing tapi saat keluar darah tersebut tidak ada rasa sakit seperti sebelumnya,itu kenapa ya& apakah itu berbahaya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MU.

Buang air kecil adalah proses alami yang dialami manusia sehari-hari. Saat buang air kecil, manusia mengeluarkan sisa cairan yang sudah tidak dibutuhkan tubuh yang disebut dengan urine. Normalnya, urine tidak mengandung darah dan berwarna kuning muda. Urine yang mengandung darah adalah salah satu tanda ada bagian saluran kemih yang tidak berfungsi dengan baik.

Jika istri Anda mengalami buang air kecil berdarah yang disertai dengan nyeri pinggang dan nyeri perut bawah, kemungkinan besar ada peradangan atau batu yang terdapat di salah satu bagian saluran kemih, seperti ginjal, ureter (saluran kencing atas), kandung kemih, atau uretra (saluran kencing bawah).

Sebaiknya segera periksakan istri Anda ke dokter spesialis urologi, karena dikhawatirkan kencing berdarah yang berkepanjangan akan memicu komplikasi. Misalnya, hidronefrosis atau pembengkakan ginjal; bahkan sampai kegagalan fungsi ginjal. Dokter akan melakukan pemeriksaan seperti USG dan laboratorium untuk memastikan, dan memberikan terapi yang tepat.

Untuk sementara, jangan mengonsumsi minuman bersoda atau berkafein terlebih dahulu. Konsumsi cukup air putih, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jaga kebersihan area kewanitaan, dan jangan sampai area tersebut terlalu lembab karena bisa memicu infeksi lainnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandung kemih dapat mengalami berbagai penyakit, mulai dari infeksi, hingga kanker

10 Penyakit pada Kandung Kemih yang Harus Diwaspadai

Seperti organ lainnya, kandung kemih dapat mengalami beberapa masalah yang mengganggu fungsi normalnya. Penyakit kandung kemih yang umum terjadi adalah infeksi kandung kemih hingga kanker kandung kemih.