Anus mengeluarkan darah, kenapa ya?

YG Info Penanya: YG, Pria, 26 Tahun
Saya mau bertanya perihal anus saya mengeluarkan darah pada saat duduk biasa tanpa ada gejala sakit atau nyeri? Mohon bantuan nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YG.

Anus berdarah adalah hal yang tidak normal. Warna darah dari anus bisa merah segar ataupun merah kehitaman. Keluarnya darah bisa disertai tinja atau tidak. Terkadang, gejala lain juga dialami, seperti tubuh lemas atau nyeri.

Penyebab Anus Berdarah

Pada umumnya, penyebab anus berdarah adalah sebagai berikut:

1. Hemoroid

Dikenal juga sebagai ambeien, darah biasanya keluar pada saat buang air besar, apalagi saat tinja terasa keras. Hemoroid bisa menimbulkan benjolan pada anus ataupun tidak.

2. Abses 

Abses adalah benjolan berisi nanah dan atau darah. Abses bisa berlokasi tepat di anus ataupun di sekitar anus. Jika tertekan, abses bisa pecah dan mengeluarkan isinya.

3. Radang usus besar

Dalam bahasa medis disebut sebagai divertikulitis, yang berarti peradangan di saluran pencernaan bagian kantong usus. Biasanya, darah juga akan keluar jika sedang buang air besar. Darah juga akan disertai lendir.

4. Fissura ani

Fissura ani adalah luka yang terjadi karena gesekan anus dengan tinja yang keras. Luka biasanya gatal, perih, bisa mengeluarkan nanah atau darah.

Apabila Anda mengalami perdarahan anus, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung, melihat anus Anda untuk mengetahui kelainan yang terjadi, dan memberikan penanganan yang sesuai untuk Anda. Penanganan bisa berupa obat atau tindakan bedah.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi hanya bisa diminimalisis dengan bantuan perugas medis profesional

Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Mengakhiri kehamilan adalah keputusan besar yang akan memengaruhi kondisi emosional dan psikologis seseorang. Menggugurkan kandungan juga memiliki berbagai risiko bagi kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, penting bagi tiap wanita untuk mengetahui hukum dan bahaya aborsi.