Apa flek adalah tanda kehamilan?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 29 Tahun
Bgini dok saya mau tnya biasanya sya menz tratur pas tgl trus kmren tgl 13 april 2020 saya menz cmn 3 hari beres menz saya ple pil kb andalan buat mncing sjaa sya pngn hmil itu juga sya minum nya gak tratur sekali minum sekali nya ngga sesudah menz tgl 13 april 2020 sya menz kmbali tgl 24 april 2020 tpi cuman plek itu kenapa ya dok apa itu tnda mau hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SW.

Mengalami kehamilan adalah kebahagiaan bagi wanita yang ingin memiliki momongan untuk melengkapi keluarga. Apalagi, bagi pasangan baru yang sudah siap tapi tak kunjung memiliki anak. Selama kurang lebih 40 minggu, calon bayi akan tumbuh di dalam kandungan hingga siap untuk bernapas sendiri di dunia luar.

Seseorang yang hamil terkadang akan mengalami bercak implantasi pada 10-14 hari setelah pembuahan, yaitu ketika embrio (persatuan sel sperma pria dengan sel telur wanita) melekat di dinding rahim yang telah dipersiapkan untuk kehamilan. Selain itu, tanda-tanda kehamilan lainnya adalah mual dan muntah, menginginkan makanan tertentu, payudara dan perut membesar, yang disertai dengan terlambat haid dan testpack positif. 

Terkait pertanyaan Anda, jika Anda mengalami menstruasi tanggal 13 April, dengan asumsi siklus haid Anda 28 hari, Anda akan mengalami masa subur pada tanggal 27 April. Kemungkinan bercak implantasi akan terjadi sekitar tanggal 7-10 Mei, dan bukan tanggal 24 April seperti yang Anda alami.

Jika Anda ingin hamil, Anda bisa melakukan hubungan seksual secara rutin 2-3 kali per minggu tanpa kontrasepsi. Selain itu, jangan lupa konsumsi makanan bergizi terutama asam folat, rutin berolahraga, dan mengendalikan tingkat stres. Jika menginginkan program hamil pribadi, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.