Darah merah muda 2 kali setelah melakukan hubungan intim

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya, tgl 21 sebelum 5 hari masuk jadwal haid melakukan intim tapi tgl 4 nya keluar darah dikit2 dan slesai 3 hari saja, tapi tgl 9 bulan depannya keluar darah lagi sama warnanya merah muda gtu, apakah itu tanda kehamilan atau bukan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Flek darah adalah salah satu gejala yang bisa merupakan tanda kehamilan, tetapi flek darah yang sedikit dan singkat juga bisa merupakan kondisi yang timbul karena hal lain seperti misalnya:

  • ada ketidak seimbangan hormonal
  • penggunaan KB
  • perdarahan akibat berhubungan seksual
  • adanya hal lain di organ reproduksi seperti misalnya ada kista
  • endometriosis
  • tumor jinak atau miom
  • polip
  • penyebab lainnya.

Apabila setelah berhubungan tanggal 21 terjadi menstruasi, dan setelah menstruasi tidak ada melakukan hubungan seksual kembali maka bisa kecil kemungkinannya terjadi kehamilan. Karena menstruasi sendiri menandakan sel telur tidak berhasil dibuahi.

Pemeriksaan awal dengan melakukan testpack

Apabila merasa bingung, bisa coba dipastikan terlebih dahulu dengan melakukan pemeriksaan testpack mandiri. Apabila ternyata hasilnya negatif berarti menandakan tidak hamil, tetapi jika hasilnya samar atau bahkan positif perlu dipastikan dengan memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Jika sering kali keluar darah diluar masa menstruasi juga perlu dipastikan apakah ada gangguan pada organ reproduksi seperti yang dijelaskan sebelumnya. Apabila ada, maka perlu dialkukan penanganan sesuai dengan penyebabnya untuk bisa mengatasi gangguan perdarahan diluar masa menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Janin cegukan berbeda dengan tendangan di perut

Kenali Perbedaan Janin Cegukan dan Tendangan Janin di Perut

Janin cegukan dan tendangan pada janin merupakan dua hal yang berbeda. Cegukan umumnya terjadi pada satu area perut saja, sementara tendangan janin bisa terjadi di area yang berbeda-beda.