22 Nov 2020, 22:57Kandungan

Perbedaan darah keguguran, darah menstruasi, dan darah hamil

BS
Info Penanya: BS, Wanita, 20 Tahun
Malam dok, saya izin bertanya, kebetulan yang bersangkutan sebulan yang lalu berhubungan dan punya riwayat minum postinor 2 dan awal bulan ini minum m kapsul terus tanggal 17 minum obat tuntas (keluar darah setetes terus berhenti) tapi tanggal 19 keluar darah banyak sampe sakit perut banget. Jadi apa perbedaan darah keguguran - darah mestruasi - darah hamil?
454 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, BS.Baik keguguran dan menstruasi ditandai dengan perdarahan yang keluar dari liang vagina. Proses implantasi yang terjadi pada awal kehamilan (tertanamnya bakal janin di dinding rahim) juga terkadang ditandai dengan perdarahan. Nah, untuk membedakan penyebab perdarahan, biasanya tidak cukup hanya dengan melihat saja, tetapi membutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang lebih lanjut.

Perbedaan Darah Keguguran, Menstruasi, dan Hamil

Namun, apabila ingin mencoba mengira, berikut ciri-ciri dari masing-masingnya:

1. Keguguran

Disebut juga abortus dalam bahasa medis, kondisi ini terjadi saat seseorang sudah dinyatakan hamil. Darah keguguran biasanya berwarna merah, dan terkadang disertai dengan gumpalan yang tidak mencair ketika ditekan dengan tangan. Darah keguguran bisa berupa flek ataupun mengalir deras, tergantung dari jenis kegugurannya.

2. Menstruasi

Menstruasi adalah kondisi luruhnya dinding rahim karena tidak terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Pada wanita sehat, menstruasi biasanya berulang setiap 21-35 hari dengan jadwal yang teratur. Durasi menstruasi berkisar antara 3-7 hari, yang diawali dengan bercak kecokelatan, diikuti dengan darah merah deras, dan diakhiri dengan bercak kembali.

3. Hamil

Darah pada masa kehamilan terjadi saat proses implantasi. Perdarahan biasanya berwarna kecokelatan atau merah muda, dan hanya berupa flek (bercak). Perdarahan implantasi berlangsung sekitar 1-3 hari. Biasanya, perdarahan ini terjadi 6-12 hari setelah melakukan hubungan intim. Mengenai kondisi Anda, apabila darah mengalir deras, maka kemungkinan bukan perdarahan implantasi saat awal kehamilan. Kemungkinan besar yang Anda alami adalah keguguran atau menstruasi, atau mungkin juga ada penyebab lain seperti kista ovarium, kanker serviks, atau gangguan hormonal.Seperti apa yang telah dijelaskan pada paragraf pertama, membutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti inspekulo, USG, maupun laboratorium untuk memastikan apa penyebab perdarahan Anda. Oleh karena itu, segera periksakan kepada dokter kandungan, ya. Semoga bermanfat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidmenstruasikeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil