25 Dec 2020, 08:24Kandungan

Flek coklat setelah 2 minggu selesai haid, apakah ini tanda kehamilan ?

LS
Info Penanya: LS0
Dok saya ingin bertanya, 2hari sebelum mens, saya melakukan hubungan. Lalu saya mens seperti biasa. Namun, 2 Minggu setelah mens, muncul bercak coklat, ini pertanda apa dok?
10703 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam LSHaid merupakan tanda dimana tidak terbuahinya sel telur oleh sel sperma. Sel telur yang tidak dibuahi akan mati dan luruh bersama lapisan dinding rahim. Untuk terjadinya kehamilan ibu harus melakukan hubungan intim dengan suami pada saat masa subur berlangsung. Masa subur setiap wanita berbeda-beda tergantung dari panjang siklus haidnya. Bila siklus haidnya 28 hari, maka masa subur akan terjadi pada hari ke 14 setelah masa haid berakhir. Bila siklus haidnya dalam 21-35 hari maka masa suburnya terjadi antara hari ke 11-21 setelah masa haid berakhir.

Flek Coklat Tidak Hanya Tanda kehamilan

Flek coklat yang keluar di luar masa haid sering dikaitkan dengan tanda kehamilan dimana terjadinya proses implantasi janin pada dinding rahim. Flek coklat ini bisa disertai dengan tanda-tanda kehamilan lainnya seperti haid terlambat, pusing, lemas, suhu badan meningkat, payudara nyeri, mual muntah pagi hari, tidak nafsu makan, atau kram perut. Bila mengalami hal-hal tersebut anda dapat memastikan kehamilan dengan menggunakan test pack.Flek coklat yang keluar di luar masa haid tidak serta merta hanya di sebabkan karena proses implantasi janin pada kehamilan. Flek coklat ini bisa disebabkan beberapa kondisi, yaitu :
  • sisa darah haid
  • hormon tidak seimbang
  • infeksi
  • benturan / cedera pada vagina atau panggul
  • infeksi
  • iritasi
  • PCOS
  • tumor atau kanker
Bila flek ini berlangsung terus menerus atau disertai dengan nyeri perut hebat, mual-muntah hebat, keliyengan dan berat badan turun drastis maka sebaiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Ibu juga bisa berkonsultasi mengenai kepastian kehamilan. Selama itu penting untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan berolarag rutin serta menghidari stres dan istirahat yang cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
kehamilanmasa suburflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil