18 Nov 2021, 04:58Kandungan

Keluar darah dari vagina setelah berhubungan, haid atau hamil ?

RB
Info Penanya: RB0
Izin bertanya dok,kalau setelah berhubungan tidak menggunakan pengaman lalu telat datang bulan beberapa hari dan kemudian datang bulan namun darah yg keluar agak kental dan agak bergumpal dihari ke 2 pada siang hari lalu sorenya bersih tidak ada darah yg keluar lgi,itu tandanya apa ya dok apakah wajar?
108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Keluar darah dari vagina pasca berhubungan membuat wanita ragu apakah ini darah menstruasi yang terjadi atau apakah ini tanda sebuah kehamilan. Darah menstruasi dan tanda kehamilan kadang sulit dibedakan.

Keluar darah dari vagina setelah berhubungan, kehamilan ?

Anda melakukan hubungan seksual sebelumnya tanpa menggunakan pengaman lalu telat datang bulan beberapa hari dan kemudian datang bulan namun darah yang keluar agak kental dan agak bergumpal dihari ke 2 pada siang hari. Lalu pada sore harinya darah tidak keluar lagi, ini dapat disebabkan oleh sebuah tanda implantasi pada kehamilan.Beberapa perbedaan darah menstruasi dan darah implantasi pada kehamilan antara lain :
  • Jumlah dimana darah menstruasi lebih banyak saat awal haid namun berkurang seiring bertambah hari. Darah implantasi umumnya hanya sedikit berupa flek saja.
  • Kram perut saat menstruasi dapat dirasakan menjelang haid, atau selama haid hari pertama dan kedua, umumnya terasa berat. Sedangkan kram perut pada implantasi hanya berupa kram ringan yang hilang timbul.
  • Darah menstruasi terus ada sejak awal haid hingga akhir. Darah implantasi berupa flek hilang timbul.
  • Menstruasi sesuai jadwal sedangkan implantasi diawali oleh telat datang bulan.
  • Menstruasi jarang diikuti mual muntah. Namun implantasi umumnya diikuti gejala hamil muda lainnya.
Jadi jika Anda tidak haid setelah keluar darah sebelumnya, dan ada gejala mual dan muntah, kram perut, periksa test pack atau USG di dokter spesialis kandungan. Apapun hasilnya, Anda tetap harus menjaga kesehatan ya. Baca forum terkait flek :Penyebab keluar flek coklat setelah berhubungan intimPenyebab keluar flek coklat dan telat haid, apakah hamil ?Sermoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil