05 May 2021, 08:53Kandungan

Darah mens berwarna merah muda, normalkah?

DS
Info Penanya: DS0
Assalammu'allaikum.. Dok, saya mau tanya, saya terlambat haid 2 minggu, nah skrg saya haid hari pertama rasanya nyeri luar biasa pada perut bawah dan pinggang, dan darah nya tuh berwarna merah muda kaya warna air ketuban gitu. Itu knapa yaa dok? Mohon penjelasannya, apakah saya harus periksa ke dokter atau ga?
74 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang DS,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Terlambat haid sebenarnya hal yang normal di alami oleh setiap wanita. Karena haid tidak selalu datang pada tanggal yang sama setiap bulannya. Wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Rata-rata meiliki siklus selama 28 hari. Ada juga yang mengalami siklus selama 21-35 hari. Terlambat haid dalam beberapa hari atau beberapa minggu, hal tersebut masih normal. Sehingga pada keluhan yang Anda sebutkan di atas masih normal.

Beberapa hal yang menyebabkan haid datang terlambat :

  • Stres
  • Gangguan hormonal seperti tiroid
  • Berat badan berlebihan atau berat badan kurang
  • Penyakit organ reproduksi seperti PCOS dan myoma
  • Penggunaan alat kontrasepsi tertentu
  • Kelelahan aktifitas fisik
Berkaitan mengenai warna haid Anda yang berwarna merah muda hal tersebut masih normal, hanya saja menandakan bahwa kadar esterogen sedang menurun apalagi jika haid Anda juga sedikit. Walaupun masih normal Anda harus tetap berhati-hati kekurangan esterogen dapat menyebabkan perubahan menstruasi, vagina kering, depresi dll. Sehingga sebaiknya olahraga teratur, makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil