22 Mar 2021, 20:58Penyakit Lainnya

Darah kental apa wajar?

S
Info Penanya: S0
Selamat malam dok, saya mau tny kmrn anak saya di ambil darah tapi kata perawatnya darahnya kental lalu di ulang lg pengambilan darah dan tetap kental. Yang mau saya tanyakan apakah bahaya memiliki darah kental, trs apakhan normal saat di ambil darah darah menjadi kental. Usia anak saya baru 7 bulan dok. Terimakasih
130 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi S,Bayi berusia 7 bulan tentunya pembuluh darahnya sangat kecil. Sehingga bila pembuluh darahnya kecil maka akan sulit saat dilakukan pengambilan darah dan mungkin saja darahnya akan lebih cepat membeku sebelum jumlah sampel yang diinginkan terpenuhi. Karena untuk melakukan pemeriksaan darah diperlukan jumlah volume darah tertentu. Untuk melihat darah kental atau tidak tentunya dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium, bukan sekedar dilihat saja.Kesulitan prosedur pengambilan darah ini juga bisa terjadi bila anak Anda dalam kondisi demam tinggi atau dehidrasi. Sehingga pembuluh darahnya akan mengecil dan akan menambah kesulitan saat dilakukan pengambilan darah. Anak Anda sakit apa? ada keluhan apa saja?

Yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi kecil adalah:

  • Pastikan kebutuhan cairannya terpenuhi.
  • Bila bayi mengalami muntah atau diare dan anak tampak lemas, tidak mau minum, kencingnya berkurang atau berwarna pekat dan sedikit, mata tampak cekung artinya anak dalam kondisi dehidrasi dan perlu dilakukan perawatan di Rumah Sakit untuk dilakukan infus cairan.
  • Berikan oralit ketika mengalami muntaber.
  • Kompres menggunakan air hangat bila sedang demam.
Lakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk memastikan kondisi bayi Anda.Salam sehat,dr. Vina
demamdiare pada bayimuntah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil