26 Mar 2021, 23:32Kandungan

Darah keluar saat setelah haid.

PP
Info Penanya: PP, Wanita, 27 Tahun
Halo dok selamat malam, saya mau tanya saya haid tgl 15 tapi flek flek yg muncul, haid lancar mulai tanggal 17-22, setalah itu mengalami keputihan, saat buang air kecil, ada noda darah di tisu tapi sedikit aja dok, tidak sampai netes ke cd , apakah saya terlalu kuat mengelap area vagina saya sehingga lecet, atau ad penyakit lainnya di tubuh saya, mohon pencerahannya dokter ???
148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi PP,Keluarnya darah di luar siklus haid seringkali menimbulkan kecemasan. Karena normalnya haid ini akan berlangsung setiap 3-7 hari setiap 21-35 hari sekali. Bila setelah haid masih ada bercak darah di vagina Anda maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya.

Penyebab keluar flek di luar siklus haid:

  • Vagina yang lecet.
  • Iritasi serviks. Sering muncul keluhan keluar flek setelah berhubungan seksual dan adanya keputihan.
  • Polip serviks.
  • Sisa darah haid. Hal ini mungkin saja terjadi bila haidnya tidak lancar dan tentu hal ini bukan suatu hal yang berbahaya.
  • Infeksi bakteri. Hal ini bisa menimbulkan keluhan yang berbau atau gatal dan disertai dengan keluarnya bercak darah.
Bila bercak darahnya hanya sedikit maka Anda tidak perlu cemas. Yang penting adalah jaga kebersihan kelamin Anda. Keringkan kelamin Anda setiap selesai dibasuh agar tidak lembap. Minum air putih yang banyak dan kencing jangan ditahan-tahan. Untuk sementara waktu jangan berhubungan seksual dulu. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila keluhan bercak darah berlangsung lebih dari 3 hari atau darah yang keluar semakin banyak.Salam sehat,dr. Vina 
polip rahimservisitiskeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil