13 Dec 2020, 06:08Kandungan

Darah keluar selama hamil apakah normal?

IJ
Info Penanya: IJ0
Dok saya mau bertanya kenapa istri saya hamil muda terus keluar darah
377 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo I,
Perdarahan pada timester awal kehamilan adalah kondisi yang sering terjadi. Pada 12 minggu pertama kehamilan kondisi ini tidak selalu menandakan masalah yang serius pada kehamilan. Namun jika mengalaminya, ibu hamil disarankan untuk beristirahat dan hindari aktivitas berat.
Beberapa kondisi yang bisa memicu perdarahan yaitu:
  • Keguguran. Gejala keguguran adalah perdarahan dan kram atau nyeri perut bawah disertai keluar gumpalan daging melalui vagina.
  • Perdarahan implantasi. 6-12 hari pertama kehamilan, ibu hamil mungkin mengeluarkan flek karena sel telur menempel pada dinding rahim. Hal ini normal terjadi sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir.
  • Kehamilan ektopik. Dapat terjadi ketika sel telur menempel di luar rahim, gejalanya adalah perdarahan, kram perut bawah hingga panggul, kehamilan ektopik bisa saja pecah dan menyebabkan nyeri menjalar ke bahu, nyeri saat BAB atau BAK, lemas, dan pingsan.
  • Kehamilan anggur. Terjadi ketika jaringan yang seharusnya menjadi janin, berkembang tidak normal sehingga tidak terbentuk janin, malah dapat menjadi sel ganas.
  • Infeksi vagina, dan polip serviks juga dapat menjadi penyebab perdarahan
Perdarahan saat hamil kebanyakan memang kondisi normal, terutama jika berhenti sendiri, namun lebih baik Anda tetap memeriksakan kehamilan secara berkala ke dokter kandungan terutama jika da keluhan tertentu.Salam sehatdr. Evelin Kwandang
menjaga kehamilankehamilantrimester pertama kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil