Apa maksud HBsAg reaktif 4337 COI?

FA Info Penanya: FA, Pria, 1 Tahun
Hallo dokter,. Z mau tanya? Periksaan darah saya HBs Ag reactive 4337 COI maksud apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FAH,

Pemeriksaan HBsAg adalah salah satu pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi adanya virus hepatitis B di dalam tubuh. Bila hasilnya reaktif maka menunjukkan ada virus hepatitis B di dalam tubuh Anda, sehingga Anda dinyatakan menderita hepatitis B, untuk nilai 4337 COI menunjukkan seberapa banyak virus hepatitis B di dalam tubuh yang dihitung menggunakan satuan COI sesuai dengan alat pemeriksaan kuantitatif yang digunakan oleh laboratorium dimana tempat Anda periksa.

Orang yang mengidap hepatitis B biasanya jarang menunjukkan gejala pada fase awal, sehingga sering terdeteksi secara tidak sengaja ketika melakukan pemeriksaan laboratorium rutin misal ketika melamar pekerjaan. Namun virus ini juga bisa menimbulkan gejala berupa demam, lemas, mata tampak kuning, nyeri sendi, pusing, mual, muntah, atau urin yang berwarna seperti air teh sehingga mendorong seseorang melakukan pemeriksaan darah, atau setelah melakukan kegiatan berisiko seperti berhubungan seksual dengan PSK, berganti-ganti pasangan seksual, atau menggunakan narkoba dengan jarum suntik bergantian.

Bila Anda dinyatakan menderita hepatitis B, maka Anda harus segera berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, Anda memiliki waktu 6 bulan untuk memperbaiki keadaan tersebut (menghilangkan virus hepatitisnya). Setelah 6 bulan, Anda akan melakukan pemeriksaan HBsAg kembali, bila hasilnya masih reaktif maka artinya Anda menderita hepatitis B kronis dan virus hepatitis akan menetap seumur hidup di dalam tubuh Anda dan tidak bisa dihilangkan. Bila Anda menderita hepatitis B kronis maka yang dapat dilakukan adalah menjaga daya tahan tubuh dan rutin kontrol untuk memastikan kesehatan liver Anda, untuk mencegah virus berkembang biak dengan cepat dan mencegah komplikasi yang akan terjadi. Komplikasi yang terjadi akibat virus hepatitis B ini adalah sirosis hati hingga kanker hati.

Sebaiknya Anda meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara makan secara teratur, perbanyak makan sayur dan buah, tidur secara teratur, jangan begadang, dan lakukan olahraga secara rutin, serta rutin kontrol ke dokter penyakit dalam.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mencegah herpes kelamin pria adalah melakukan sunat

Herpes Kelamin Pria Dapat Dicegah dengan Sunat

Penyebab herpes kambuh adalah daya tahan tubuh melemah, kelelahan, dan stres psikis. Salah satu cara mencegah herpes kelamin pria adalah melakukan sunat. Dengan sunat, kulit berlebih pada kelamin pria ini dibuang sehingga virus tidak mudah masuk.