logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Kandungan

Haid hanya 3 hari, apakah bisa hamil walau minum microlut?

21 Jul 2022, 09:17

E

Info Penanya: E

permisi dok saya mau bertanya, hari selasa tgl 19 kemarin saya mulai haid dan darahnya seperti haid normal biasanya. tapi keesokan harinya tgl 20 darah haid yang keluar sudah sedikit seperti mau selesai dan berwarna merah muda, lalu karena takut pada malam harinya saya meminum pil kb microlut (pertama kali). dan hari ini tgl 21 setelah minum pil kb itu darah yang keluar berwarna coklat dan sedikit kental seperti saat haid mau selesai. itu kenapa ya dok tolong pencerahannya

Dilihat 1513

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Pany

Selamat sore E

Apabila dilihat dari penjelasan anda haid yang anda alami masih tergolong normal. Kriteria haid yang normal adalah dimana darah haid muncul selama 3-7 hari dan berjarak 21-35 hari.

Haid di hari pertama akan keluar darah deras menggumpal berwarna merah kehitaman. Kemudian darah akan berangsur berkurang menjadi hanya berupa flek darah kecoklatan.

Pil KB microlut mengandung hormon levonogestrel untuk mencegah kehamilan ataupun sebagai obat terapi pada wanita menopause. Penggunaan pil KB ini baru efektif mencegah kehamilan jika diminumkan sebelum 72 jam dengan dosis tertentu setelah berhubungan seksual.

Selain itu pil kb microlut dapat menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, haid tidak teratur, kram perut, gangguan kulit, rambut rontok dan sebagainya. Karena itu sebaiknya tidak anda konsumsi secara sembarang, harus berdasarkan anjuran dokter dan berkonsultasilah ke dokter kandungan terkait kondisi anda agar lebih jelas penanganannya.

Jika anda sedang ingin menunda kehamilan maka sebaiknya gunakanlah kontrasepsi lainnya seperti pil kb rutin, kb suntik, kb implan ataupun IUD. Perbanyak minum ait putih setidaknya 2-3 liter perhari, makan buah sayur dan protein yang banyak, menjaga kebersihan kelamin, jangan stres dan kelelahan serta rajin berolahraga.

Anda juga bisa membaca forum terkait haid hanya 3 hari dan minum pil microlut berikut:

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Pany

siklus haidkehamilanmenstruasi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved