Apa penyebab darah haid bewarna hitam kecoklatan?

S Info Penanya: S, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok....saya mau tanya...saya haid selama satu minggu tapi tak kunjung selesai...warna darah yang keluar hitam kecoklatan....darah yang keluar tidak banyak hanya sedikit saja....kira-kira apa yaa penyebab nya....apa kah berbahaya...??? Mohon info nya...terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Darah haid terkadang bisa saja berwarna cokelat gelap atau kehitaman. Dalam beberapa kasus, darah haid berwarna cokelat merupakan hal yang normal. Sepanjang siklus menstruasi, warna dan konsistensi darah bisa berubah-ubah. Darah haid bisa banyak dan sedikit, namun juga bisa mengental dan sedikit. Darah haid juga bisa berwarna merah terang, cokelat, atau berwarna gelap.

Darah haid yang bewarna hitam atau cokelat tua merupakan darah lama, alias darah yang tersisa dari menstruasi pada bulan lalu. Dengan keluarnya darah haid hitam, itu artinya tubuh berusaha untuk membersihkan diri. 

Namun darah haid yang bewarna hitam bisa juga jadi tanda seperti keguguran, infeksi, penyakit radang panggul, aliran darah haid ke vagina terhalang atau menopause. Jika menstruasi Anda sering tidak teratur atau ada keluhan lain seperti pusing, kelelahan ketika menjalankan aktivitas normal, demam, kulit terlihat pucat, dan sakit di bagian vagina atau perut. Sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.