Darah haid menggumpal, apakah normal?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok mau nanya. kalo darah haid menggumpal kenapa ya dok, apa karna saya telat menstruasi? saya baru pertama kali ngerasain kaya gini.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Haid yang umumnya muncul setiap bulan sering menimbulkan kekhawatiran bagi wanita bila ada masalah pada haid tersebut baik berupa siklus haid yang tidak teratur, durasi haid yang terlalu singkat atau lama, nyeri perut ketika haid, ada perdarahan diluar siklus haid, warna darah yang keluar serta adanya gumpalan-gumpalan darah.

Dalam kondisi normal, tubuh akan mengeluarkan zat antikoagulan yang bertujuan untuk mencegah darah agar tidak menggumpal, namun seringkali di awal periode haid, darah yang keluar sangat banyak, sehingga zat antikoagulan tidak bisa mengimbanginya sehingga sebagian darah haid akan menggumpal, dan hal ini wajar terjadi.

Namun Anda perlu tetap waspada bila gumpalan darah yang muncul disertai dengan nyeri pada perut atau panggul yang sangat berat atau perdarahan sangat banyak, karena keluhan tersebut bisa disebabkan oleh polip rahim, fibroid rahim, endometriosis, adenomiosis, kanker serviks, kanker rahim, dll.

Bila Anda hanya memiliki keluhan darah haid yang menggumpal di awal-awal haid dan jumlahnya tidak berlebihan maka hal ini wajar dan Anda tidak perlu cemas.

Bila ada keluhan lain, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut, cek darah, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara merawat miss V adalah dengan memperhatikan warna darah menstruasi yang keluar

Ini 5 Cara Merawat Miss V Saat Menstruasi dengan Tepat!

Berbeda dari biasanya, Anda perlu melakukan penyesuaian untuk merawat vagina saat sedang menstruasi. Salah satu cara merawat Miss V saat menstruasi adalah dengan rutin mengganti pembalut.