24 Sep 2020, 21:45Perut

Haid 3 hari awal sedikit, serta sakit perut dan panas saat BAK

AJ
Info Penanya: AJ, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, saya mengalami gangguan saat haid, dan darah yang kluar selama 3 hari awal haid berwarna hitam pekat dan volumnya sedikit disertai sakit perut sebelah kiri yg sangat parah dan ketika buang air kecil bawa'annya panas serta susah BAB, tidak seperti pada waktu haid sebelumnya, gejala apa dok?
674 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AJ.Haid yang keluar sedikit-sedikit pada hari-hari awal haid adalah normal. Biasanya, haid memang diawali dengan bercak darah merah atau hitam pada beberapa hari pertama, dilanjutkan dengan darah merah yang deras, dan diakhiri dengan bercak kembali. Apabila darah berwarna hitam, biasanya disebabkan karena proses oksidasi (pengikatan oksigen dengan darah).Sedangkan keluhan sakit perut kiri disertai rasa panas saat buang air kecil bisa disebabkan oleh infeksi maupun batu saluran kemih. Rasa nyeri pada kondisi ini seringkali hilang timbul, dan terkadang menusuk ke pinggang atau punggung bagian kiri.Keluhan lainnya, yaitu sulit buang air besar, dalam dunia medis dikenal dengan istilah konstipasi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan serat dalam makanan sehari-hari. Selain itu, kurang minum air putih juga dapat menyebabkan konstipasi.Oleh karena itu, berikut hal-hal yang dapat Anda coba lakukan di rumah untuk keluhan-keluhan Anda:
  • Mengonsumsi air rebusan kunyit atau kayu manis untuk melancarkan haid
  • Minum air putih yang cukup, untuk melancarkan proses buang air kecil
  • Menghindari teh dan kopi untuk sementara
  • Mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, agar asupan serat terpenuhi
  • Mengompres bagian perut yang nyeri dengan handuk hangat
  • Mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol sesuai dosis
Apabila keluhan tidak tertangani dan berlanjut lebih dari tiga hari, atau rasa nyeri sampai mengganggu aktivitas, segera periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan atau dokter spesialis penyakit dalam. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan kondisi Anda, dan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran kencingsiklus haidkonstipasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil