Darah haid berwarna hitam, apakah berbahaya?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Siang, dok. Hari ini sudah hari ke-3 saya haid dan sudah 2 hari warna darah yang dikeluarkan gelap hampir berwarna hitam. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Apakah ini berbahaya? Mohon informasinya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Darah haid normalnya berwarna merah, namun Anda jangan khawatir jika darah haid yang keluar berwarna hitam atau cokelat. Darah haid yang berwarna cokelat kehitaman ini biasanya masih merupakan kondisi yang normal.

Selama siklus haid, warna dan kosistensi darah wanita bisa berubah-ubah. Darah haid yang keluar bisa cair dan sedikit, namun bisa juga kental dan keluar dengan deras atau banyak.

Alasan darah haid bewarna hitam adalah karena darah haid tersebut sudah lama di dalam rahim, sehingga ketika keluar bewarna cokleat kehitaman atau kadar progesteron dalam rahim renda sehingga menyebabkan warna cokelat.

Untuk menjaga siklus haid Anda normal disarankan :

  • Menjaga pola makan yang banyak mengandung zat besi dan kalsium
  • Menghindari makanan yang dapat memicu perubahan hormon
  • Olahraga ringan dan teratur
  • Lakukan management stress yang baik
  • Cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari

Namun jika darah haid yang berwarna hitam tidak kunjung berhenti, pikirkan resiko seperti keguguran, infeksi, penyakit radang panggul atau aliran darah haid dari vagina terhalang. Jika seperti itu segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membuat kalender masa subur sendiri tidaklah sulit

Bikin Kalender Masa Subur Ternyata Mudah, Ini Caranya

Tidak sulit membuat kalender masa subur sendiri. Dengan menetukan masa subur, peluang Anda untuk hamil akan semakin besar.