Ganti pembalut hingga 6 kali sehari apakah normal?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 27 Tahun
Pagi dok, saya Ng ibu rumah tangga usia 27tahunSaya berhenti kb suntik 3bulan dari bulan november 2019, setelah 6bulan tidak kb, baru sekarang saya dapat haid, dan itu banyak sekali, dalam 24jam saya bisa ganti pembalut 6x. Mohon penjelasannya dok, apakah itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Normalnya, darah menstruasi yang keluar berjumlah sekitar 30-40 ml dalam waktu empat sampai lima hari. Berdasarkan keluhan yang Anda sebutkan pengeluaran darah Anda masih normal ya, karena pembalut di ganti selama 4 jam sekali. Namun jika jumlahnya perdarahannya bisa lebih hingga 80 cc atau pengeluaran darah menstruasi lebih dari 7 hari. Perlu di evaluasi lebih lanjut ya, bisa jadi Anda mengalami menorrhagia.

Beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan menorrhagia adalah :

Saya sarankan selama pengeluran darah mens yang banyak anda perbanyak konsumsi makanan bergizi, mengkonsumsi multivitamin terutama zat besi Fe seperti daging merah, bayam, asam folat, perbanyak minum air putih dan cukup istirahat, hindari mengkonsumis teh dan kopi terlalu banyak karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Jika darah menstruasi Anda berlangsung terus menerus sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari darah menstruasi yang banyak keluar. 

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek menopause umumnya akan memengaruhi suasana hati kaum hawa yang mengalaminya

Ternyata Ada Efek Menopause yang Berdampak Positif Bagi Perempuan

Memasuki usia menopause membawa peningkatan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Tapi ternyata ada juga efek menopause yang membawa dampak positif bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari kaum hawa.