Keluar darah setelah testpack samar, haid atau apa?

NK Info Penanya: NK, Wanita, 20 Tahun
Mau tanya dok, saya terakhir haid tgl 20Maret uda saya TP 3x hasilnya samar niat hati nunggu 2mgg lagi , Eh tgl 1-3Mei muncul flek coklat disertai kram ringan lanjut ditgl 4 kemarin pagi pagi keluar darah seperti haid tp gak banyak kayak haid di hari pertama, kram nya juga kerasa bgt dok dan sekarang darah coklat lagi. Gmana ya dok? Mhn penjelasnnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NK.

Testpack adalah metode praktis untuk menentukan apakah seorang wanita hamil atau tidak. Dengan mencelupkan alat tes berbentuk strip ke dalam urine pagi hari, hasil positif hamil atau tidak dapat dilihat dalam waktu beberapa menit. Tapi, karena testpack bekerja dengan cara mendeteksi hormon kehamilan hCG dalam urine, jika hormon kehamilan belum banyak, maka testpack bisa samar atau negatif palsu.

Kondisi yang Anda alami, yaitu 3 kali melakukan testpack samar bisa saja positif atau negatif. Sayangnya, Anda tidak memberikan informasi lanjutan bagaimana hasil testpack Anda dua minggu setelah 20 Maret, karena hasil tersebut sangatlah penting untuk mengetahui darah apakah yang Anda alami ini.

Jika testpack Anda pada awal April negatif, kemungkinan besar yang Anda alami kini adalah darah haid. Tetapi, jika testpack Anda pada awal April positif, kemungkinan besar perdarahan vagina dan kram perut yang Anda rasakan berasal dari gangguan kehamilan. Gangguan bisa berupa abortus (keguguran), blighted ovum, atau mola hidatidosa (hamil anggur). Untuk mengetahui gangguan hamil mana yang Anda alami, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.