12 May 2020, 02:21Kulit & Kelamin

Darah dari vagina, apa penyebabnya?

CS
Info Penanya: CS, Wanita0
Dok, saya mau tanya, saya waktu itu pernah masukin jari ke lubang vagina saya namun tidak sampai dalam sekitar 2-4cm kedalam, lalu keluar darah tidak terlalu banyak, dan warnanya agak kecoklatan. Apakah ada hubungan antara selaput dara dengan darah setelah kita berhubungan intim? Dan apakah kalau selaput darah nya sudah rusak masih bisa mengeluarkan darah apabila memasukkan sesuatu ke dalam vagina namun lebih dalam? Terimakasih dok.
31368 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, C.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Memasukan jari ke dalam vagina merupakan salah satu bagian dari foreplay yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk mencapai puncak seksual. Tindakan ini dikenal dengan istilah fingering vagina.Walaupun terkesan memiliki tujuan yang baik, namun kegiatan memasukan jari ke vagina memiliki beberapa resiko dan dapat menimbulkan penyakit.

Resiko yang ditimbulkan berupa:

  • Vagina menjadi iritasi akibat gesekan dan tekanan dari jari tangan yang masuk ke dalam vagina.
  • Luka dan pendarahan karen vagina memliki kulit yang tipis sehingga kuku dari jari bisa menggores kulit vagina dan terjadilah perdarahan.
  • Infeksi vagina. Memasukan jari ke vagina dapat membawa bakteri masuk ke dalam vagina. Sehingga menyebabkan beberapa penyakit infeksi seperti vaginitis, klamidia, dan hepatitis. 
Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, kemungkinan penyebab dari perdarahan yang terjadi adalah karena luka dan iritasi di vagina Anda akibat jari yang dimasukkan. Kemungkinan kondisi ini tidak ada hubungannya dengan selaput dara Anda. Tetapi, untuk memastikan apakah selaput dara Anda terluka atau tidak, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan.Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi perdarahan yaitu istirahat yang cukup, tidak melakukan fingering vagina, dan kompres dengan es batu di area vagina jika terasa nyeri dan perih. Salam sehat, dr. Ester
kesehatan organ intimrobekan himen vaginaorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil