Darah dari tenggorokan disertai sesak dan nyeri dada, apakah penyebabnya?

N Info Penanya: N, Pria, 29 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanya,, saya tidak batuk, tapi saya merasa kaya ada dahak/lendir yg keluar ditenggorokan, setelah saya keluarkan ternyata itu darah, kenapa ya dok,Dada juga agak sesak, dan 2 hari sebelumnya ada terasa nyeri sebentar di dada,terima kasih dik
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala anda mengeluarkan darah, disertai sesak nafas dan nyeri dada sesaat mencurigakan ke arah suatu infeksi atau radang di paru-paru. Karena darah dari tenggorokan biasanya dari saluran pernafasan atau saluran pencernaan. Gejala anda disertai sesak cenderung ke arah paru-paru kecuali ada gejala pencernaan seperti mual, kembung atau muntah.

Perdarahan walaupun sedikit memerlukan evaluasi lebih lanjut. Karena gejala perdarahan bisa ringan akibat radang tenggorokan atau yang berat seperti penyakit paru-paru kronis seperti infeksi tuberculosis atau kanker paru-paru. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Paru atau dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit paru-paru dapat dengan mudah menyerang jika Anda adalah seorang perokok aktif

Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru, Akrab dengan Perokok Aktif

Seorang perokok aktif yang terkena penyakit paru-paru biasanya memiliki kesulitan untuk bernapas akibat paparan asap rokok yang berlangsung lama. Penderita penyakit paru obstruktif kronis bahkan memiliki keterbatasan untuk menghirup udara yang masuk ke dalam paru-paru secara tidak optimal.