08 Mar 2021, 21:59Gigi & Mulut

Bagaimana cara merawat luka bekas operasi bibir sumbing ?

KA
Info Penanya: KA0
Malam dok,, Anak saya habis oprasi bibir sumbing baru satu minggu yg lalu.. Pada sambungan kulit yg habis di jahit terdapat darah beku di dalam kulit dok akibat terbentur.. Apakah darah beku itu bisa hilang dengan sendirinya apa perlu di keluarkan dok?
245 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, K.Salah satu penyebab terjadinya bibir sumbing pada anak adalah kekurangan konsumsi asam folat saat mengandung. Asam folat sangat penting untuk membantu pembentukan organ janin termasuk bibir. Selain itu, bibir sumbing bisa disebabkan oleh infeksi toksoplasma yang dialami ibu dimana toksoplasma berasal dari kotoran kucing, makanan mentah, maupun buah serta sayur yang tidak dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Bagaimana cara merawat luka bekas operasi bibir sumbing ?

Bibir sumbing atau yang dikenal dengan istilah medis labioschizis dapat disamarkan dengan operasi. Bibir sumbing terjadi pada bagian bibir saja maupun langit-langit mulut (labiopalatoschizis). Dokter bedah plastik akan mencoba menyatukan bibir serta langit-langit mulut untuk membantu proses anak makan, minum, berbicara serta fungsi estetik.Cara merawat luka bekas operasi bibir sumbing antara lain :
  • Bersihkan luka bekas operasi bibir sumbing menggunakan kassa steril dan caira NaCl sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Tutup luka agar tidak terinfeksi.
  • Tetap lanjutkan pemberian ASI atau susu formula sesuai saran dari dokter spesialis anak.
Darah beku di dalam bibir bekas jahitan anak akan terserap dengan sendirinya. Anda perlu membantu bersihkan darah pada bagian luka luar bekas operasi. Jika luka bekas operasi bibir sumbing terlihat bertambah bengkak, merah, mengeluarkan darah yang aktif, nanah, anak menjadi demam, kekurangan cairan, serta rewel, segera bawa anak kontrol kembali dengan dokter spesialis bedah plastik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
penyembuhan lukabibir sumbinginfeksi luka pasca operasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil