07 Jun 2020, 14:01Kulit & Kelamin

Darah beku, apakah akan hilang sendiri?

LM
Info Penanya: LM0
Dok, mau tanya. Kemarin itu ibu jari kaki saya terjepit dan akhirnya muncul darah beku. Apakah ini akan hilang sendiri, dok? Atau harus saya bawa ke dokter ya? Terima kasih
82162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang LM,Darah beku adalah kumpulan darah yang menumpuk di salah satu bagian tubuh, bisa disebabkan karena pecahnya pembuluh darah tanpa terdapat jalan keluar istilahnya adalah hematoma. Jika terjadi luka atau benturan pada kuku misalnya karena terjepit disebut dengan subungual hematoma.Selain karena terjepit beberapa penyebab lain adanya hematoma atau darah beku adalah:
  • Akibat penggunaan obat pengencer darah
  • Benturan atau trauma
  • Penyakit yang menyebabkan penurunan sel darah
  • Patah tulang
  • Penyebab lainnya
Pada kuku sendiri, adanya bekuan darah dapat menimbulkan tekanan pada kuku dan jaringan sekitarnya jika perdarahan masih aktif. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri di jari kuku tersebut.Pada beberapa kasus bisa tidak menimbulkan gejala dan dapat menghilang dengan sendirinya. Apabila timbul tekanan dan rasa nyeri, maka perlu dilakukan tindakan untuk mengurangi tekanan dan membantu mengeluarkan bekuan darah seperti dengan membuat lubang kecil pada kuku ataupun bisa dilakukan pencabutan keseluruhan kuku jika diperlukan. Apabila tidak ada gejala bisa diatasi dengan merendam atau mengompres bagian jari yang terjepit dengan air dingin untuk menghentikan perdarahan, kompres dengan air hangat atau bisa gunakan krim sodium heparin untuk membantu menghilangkan darah beku dan bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol jika diperlukan. Untuk pastinya, ada baiknya membawa ibu Anda berobat pada dokter terdekat jika memang timbul gejala ataupun rasa sakit ataupun memiliki riwayat pengobatan menggunakan obat pengencer darah. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi p.
pendarahanpembekuan darahdarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil